Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami Dengan Asam Jawa

Setiap wanita pernah merasakan nyeri haid (Dismenorea), kram otot ini dirasakan pada perut bagian bawah. Gejala ini biasanya muncul sebelum ataupun sedang mengalami menstruasi. Tidak banyak wanita yang bisa menahan rasa nyeri, bisa saja cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha selama 2-3 hari. Lalu, bagaimana cara menghilangkan nyeri haid secara alami dengan herba tradisional?

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami

Dinding otot rahim berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Kadar oksigen ke dalam rahim terhambat sehingga muncul rasa nyeri di bagian bawah perut, hal ini menyebabkan nyeri haid tak tertahankan. Kondisi seperti ini sangat umum, dan nyeri yang dirasakan setiap wanita bisa saja berbeda-beda.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid


Cara menghilangkan nyeri haid secara alami dengan ramuan tradisional telah digunakan nenek moyang kita sejak dahulu. Saat ini banyak orang yang hampir tidak mengenal sama sekali manfaat dari berbagai tanaman Indonesia. Salah satunya asam jawa, herba ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Asam jawa tidak hanya digunakan untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga untuk mengobati demam, eksim, dan jamu pelangsing tubuh.

Tanaman asam jawa tumbuh menahun dan besar, tingginya bisa mencapai 15 m. Daun asam jawa tampak bersirip genap, dimana setiap tahun antara September hingga Oktober, daun itu gugur berganti baru. Bunga asam jawa berwarna kunin, sedangkan buahnya berbentuk polong berwarna cokelat. Tanaman ini tumbuh liar di daerah pantai, tapi ada beberap diantaranya dibudidayakan ditepi jalan sebagai tanaman peneduh. Asam jawa tumbuh subur didataran rendah ketinggian 1 hingga 300 mdpl.

Dalam bahasa lain, asam jawa disebut Tamarindus Indica atau Tamarind. Menurut penelitian, Tamarindus indica adalah tanaman yang digunakan dalam pengobatan tradisional untuk pengobatan demam, gangguan perut dan nyeri, diare dan penyakit kuning, serta sebagai pembersih kulit. Manfaat asam jawa telah digunakan sebagai Laksan, Analgesik, Diaforitik, dan Laksatif. Berikut cara menghilangkan nyeri haid secara alami dengan ramuan asam jawa:
  1. Sediakan 1 ruas ibu jari buah Asam Jawa, 1 jari rimpang kunyit. 
  2. Masukkan keseluruhan herba kedalam air 200 ml, kemudian panaskan hingga mendidih. 
  3. Seduh ramuan untuk sekali minum 100 ml. Lakukan pada pagi dan sore.

Kandungan kimia buah asam jawa diantaranya vitamin A, zat gula, selulosa, senyawa asam yang terikat oleh kalium, tartrat, gula invart, dan pektin. Ramuan ini juga akan menghilangkan demam yang disebabkan nyeri tak tertahankan.

Referensi

  • Antimicrobial Activity of Tamarindus indica. By Tropical Journal of Pharmaceutical Research, December 2006. DOI:10.4314/tjpr.v5i2.14637.
  • Diagnosis and initial management of dysmenorrhea. By American family physician.
  • Tamarindus indica, image courtesy of wikimedia commons.
Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami Dengan Asam Jawa Cara Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami Dengan Asam Jawa Reviewed by Jamaluddin on 5/13/2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.