Manfaat Ciplukan Dan Cara Mengolahnya Untuk Kesehatan

Saat ini, banyak orang mulai menyadari tentang manfaat Ciplukan dan cara mengolahnya menjadi herbal sederhana. Tanaman untuk herbal ini juga dikenal sebagai Physalis Minina, temasuk ke dalam famili tumbuhan Solanaceae. Dalam bahasa Inggris ceplukan disebut Morel berry, nama lainnya adalah Ceplukan, Cecendet, Yoryoran, Lapinonat, Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan, Dedes, dan Leletokan. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman ini, walaupun perkembangannya termasuk salah satu gulma.

Manfaat Ciplukan Dan Cara Mengolahnya Untuk Kesehatan

Ciplukan berkembang secara liar, tumbuh diantara semak belukar yang bisa saja berada di kebun Anda. Tetapi keberadaannya saat ini sulit ditemukan di perkotaan. Orang tua terdahulu telah lama menggunakan ramuan herbal yang terbuat dari Ciplukan, termasuk buahnya dan daunnya. Berikut ini adalah salah satu ramuan yang bisa diterapkan untuk pengobatan herbal hipertensi, kencing manis, bisul, borok, diabetes melitus, penyakit paru-paru dan ayan.

Manfaat Ciplukan Dan Cara Mengolahnya


Tanaman Ciplukan bersifat analgetik atau penghilang rasa sakit. Juga berpotensi sebagai peluruh air seni atau diuretic, menetralkan racun, dan meredakan batuk. Sifat lainnya dapat mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh dan sebagai anti tumor. Tanaman ciplukan banyak jenisnya, salah satunya jenis Physalis Viscosa yang mengandung racun dan bisa digunakan untuk pestisida.

Tumbuhan ciplukan mempunyai kandungan kimia berupa Chlorogenik Acid, asam citrun, fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji ciplukan mengandung asam Elaidic. Ramuan herbal yang digunakan untuk beberapa penyakit, manfaat Ciplukan dan cara mengolahnya:
  1. Pengobatan Hipertensi. Sediakan 5 gram daun kering ceplukan dan masukan kedalam air sebanyak 110 ml. Kemudian campuran ini direbus selama 10 hingga 15 menit dan diaduk merata. Setelah selesai, saring ramuan herba, dan dosis sekali minum sekitar 80-100 ml. Buat air rebusan 2 kali sehari untuk diminum setiap pagi dan sore, ramuan ini tidak boleh lebih dari 24 jam.
  2. Pengobatan Kencing Manis. Sediakan 10 gram herba kering ciplukan dan air 400 ml. Pembuatan ramuan dan dosis minum sama dengan pengobatan hipertensi.
  3. Pengobatan Bisul dan Borok. Sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 lembar daun sirih ditambah sedikit garam. Campurkan semua bahan hingga menyatu menjadi lembut, kemudian oleskan disekitar bisul. Untuk borok, gunakan 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok kapur sirih. Haluskan kedua bahan dan tempelkan ke bagian yang sakit.
  4. Pengobatan Diabetes Mellitus. Ambil atau cabut tanaman yang sudah berbuah beserta akar lalu dibersihkan. Tanaman ini direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga air menjadi 1 gelas. Ramuan ini kemudian disaring dan diminum sekali sehari.
  5. Pengobatan sakit yang berkaitan dengan paru-paru, seperti sesak nafas. Ambil atau cabut tanaman beserta akar dan buah, kemudian rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Saring ramuan ini dan minum 1 gelas, 3 kali sehari.

Ciplukan atau Cepluk, buah Lentera China, tanaman ini memiliki sejarah panjang sebagai ramuan obat di India dan Timur Tengah. Tanaman Physalis mengandung Lakton Steroid, yang juga berfungsi sebagai Withanolides. Withanolides berpotensi sebagai Anti-kanker, anti-inflamasi dan Apoptosis.

Ramuan buah dan daun dapat mengecilkan ukuran tumor atau kanker, mengobati bisul, dan mengobati borok. Manfaat ciplukan dan cara mengolahnya dapat bervariasi, diantaranya untuk penyakit Ayan dan gusi berdarah, cukup mengkonsumsi 10 buah ciplukan setiap hari.

Referensi

  • Journal Ref: Immune modulation enables a specialist insect to benefit from antibacterial withanolides in its host plant. Nature Communications, 2016; 7: 12530 DOI: 10.1038/NCOMMS12530
  • Choice Of Food Helps Hungry Caterpillar. by Penn State, 10 June 2004
  • Physalis minima, image by Wikipedia Commons.
Manfaat Ciplukan Dan Cara Mengolahnya Untuk Kesehatan Manfaat Ciplukan Dan Cara Mengolahnya Untuk Kesehatan Reviewed by Jamaluddin on 4/02/2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.